Kelim kecil pada Ujung Kain Menggunakan Tapak Sepatu Rolled Hemmed foot

Untuk mengelim kecil ujung kain ada beberapa alternatif pilihan cara, mulai dari cara manual biasa ataupun menggunakan sepatu kelim khusus.

Untuk cara biasa kita bisa melipat langsung kelim kecil menggunakan mesin jahit pakai sepatu jahit lurus, caranya kita kelim dua kali ujung kain kemudian jahit seperti biasa.

Untuk cara seperti itu biasanya hasilnya kurang rapih karena biasanya hasil jahitan tidak lurus dan besarnya tidak sama.

Cara kelim kecil yang kedua masih menggunakan cara menual, tapi yang ini bedanya teman-teman bisa kelim sekali lebar kemudian dari keliman ini kita lipat lagi jadi akan ada 4 lapisan hasil keliman lalu jahit seperti biasa.

Cara kelim seperti itu hasilnya lebih bagus karena hasil keliman akan lebih berisi dan pada bagian kain yang serong tidak melintir.

Kemudian cara yang terakhir kita pergunakan sepatu kelim khusus biasa pada mesin jahitnya.

Untuk kelim kecil menggunakan sepatu kelim ini kita harus sesuaikan terlebih dahulu ukuran keliman dengan kain yang akan kita lipat.

Ukuran sepatu jahit kelim ini ada beberapa ukuran loh mulai dari yang terkecil nomor 1 sampai yang terbesar nomor 10.

Perbedaannya adalah pada hasil lipatan, semakin besar nomor sepatu kelim maka hasil lipan yang dihasilkan akan besar pula.

Untuk pemula saya sarankan pergunakan yang nomor 3 atau 4 aja ya, untuk nomor tersebut bisanya hasil kelimannya sekitar setengah cm.

Kelebihan jika teman-teman menggunakan sepatu kelim khusus ini haisl jahitan akan lebih rapih dan juga lebih cepat proses jahitnya.

Untuk lebih jelasnya cara penggunaan sepatu kelim kecil Rolled Hemmed Foot teman-teman bisa simak video di bawah ini yang suadah saya  uapload di cahanel youtube jamblang studio.

Comment (0)

Post a Comment