Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jenis Kerah Kemeja Pria

 



Kemeja adalah pakaian berkerah yang mempunyai kancing di bagian depan dari atas hingga bawah. Kemeja mempunyai karakter yang berbeda - beda tergantung pada jenis kerahnya. Pada kali ini kita akan membahas 6 jenis kerah kemeja pria yang harus kamu tahu.


1. Regular Collar / Regular Point Collar


Jenis kerah reguler merupakan jenis kerah yang paling sering ditemui, di kemeja pria. Jenis kerah ini mempunyai ujung lancip ke bawah, menunjukan kesan maskulin dan identik untuk ke kantor. Jenis kerah ini biasanya digunakan pada kemeja untuk gaya formal. Dipadukan dengan jas, celana formal, hingga dasi. Namun demikian jenis kerah ini juga bisa untuk situasi kasual seperti pada kemeja flannel.


2. Button Down Collar


Sebetulnya bentuk kerah Button Down Collar cenderung sama dengan Jenis Regular Collar, Kerah ini memiliki kancing pada setiap ujungnya yang menahan kerah di tempatnya. Kerah ini terlihat lebih santai daripada kerah reguler point dan biasanya digunakan pada kemeja kasual.


3. Spread Collar


Kerah ini memiliki ujung yang lebih lebar daripada kerah reguler point, membuatnya terlihat lebih terbuka dan modern. Kerah spread cocok untuk digunakan pada kemeja formal atau semi-formal. seperti jas, blazer serta dasi untuk menghadiri acara - acara formal.


4. Tab Collar


Tab collar memiliki pengait untuk mengaitkan kedua ujung kerah. Fungsi pengait tersebut adalah agar dasi lebih naik kedepan, oleh karena itu kerah jenis ini biasanya cocok dipadukan dengan dasi untuk acara - acara formal.


5. Pinned Collar


Kerah jenis ini memiliki lubang dikedua ujung kerah yang berfungsi untuk menyisipkan pin yang berguna untuk merapatkan kerah ketika dipakaikan dasi. Pemakaian jenis kerah ini hendaknya selalu menggunakan dasi karena akan terlihat aneh jika kedua lubang tidak disisipkan pin dan disertai dasi.


6. Mandarin Collar


Jika tab collar dan pinned collar memiliki kesan yang formal, mandarin collar ini lebih terlihat kesan kasualnya. Pada kerah jenis ini tidak terdapat daun dan ujung pada kerahnya. Oleh karena itu tidak dianjurkan untuk dikenakan bersama dasi. Di Indonesia sendiri, jenis kerah ini identik dengan kemeja muslim atau baju koko pria.


Itulah 6 jenis-jenis kerah baju kemeja yang bisa jadi pilihan untuk Anda. Sesuaikan masing-masing model kerah dengan aktivitas yang akan dihadiri.


Semoga Bermanfaat...

Sumanto
Sumanto Seorang penjahit biasa yang ingin bermanfaat untuk sesama. Mudahkanlah jalan orang lain maka Allah akan memudahkan jalanmu.

Posting Komentar untuk "6 Jenis Kerah Kemeja Pria"