Perbedaan Pola Instan dan Pola Jiplak


Buat teman JS sekalian yang baru belajar menjahit tentunya pernah mendengar istilah pola pakaian dong.

Buat yang sering berselancar di dunia maya guna mencari tentang belajar pola terkadang kita di suguhkan dengan istilah pola jiplak dan pola instan pakaian.

Atau bahkan mungkin teman-teman saat ini tengah menggunakan salah satunya untuk membuat pola baju.

Nah pada tulisanku kali ini saya akan membahas mengenai pola jiplak dan pola instan serta perbedaannya ya.

Sebenarnya pola instan dan pola jiplak itu sama saja kalau dari segi pola ataupun desain polanya, yang membedakan adalah cara penggunaanya.

Pola Instan Kutu Baru
Untuk pola instan yang teman teman miliki atau teman teman beli biasanya terbuat dari bahan kertas dan untuk penggunaanya tinggal dipergunakan atau di aplikasikan pada kain yang hendak di pola mengikuti pola instan tersebut.

Jadi kelo teman menggunakan pola instan tinggal di potong saja kainnya mengkopi pola alur yang ada pada pola instan tersebut.

Biasanya ada yang tinggal dipotong sesuai pola yang ada dan ada juga yang musti ditambah kampuh untuk jahitan, tergantung model pola instan yang di buat oleh yang punya desain / desainer tersebut.

Pola Jiplak Gamis Umbrella
Nah untuk pola jiplak sebenarnya itu adalah master dari pola instan.

Kalau untuk penggunaan pola instan teman-teman tinggal di jiplak pada kain lalu di potong sesuai desain,  maka beda halnya dengan pola jiplak.

Untuk menggunakan pola jiplak kita musti membuat pola instan nya berdasarkan desain pada yang ada pada pola jiplak tersebut.

Itulah sebabnya pola jiplak bisanya berupa garis / gambar pola berupa garis garis menyerupai pola desain pakaian.

Bahan yang dipergunakan untuk pola jiplak bisanya adalah terbuat dari  vynil atau sejenis kain buat baner printing.

Kelebihan pola jiplak adalah karena dalam satu pola biasanya sudah terdapat beberapa ukuran sekaligus sehingga lebih hemat ketimbang pola instan yang hanya per size untuk tiap pola yang teman beli / miliki.

Namun kekurangan untuk pola jiplak pastinya lebih capek ketimbang pola instan dalam penggunaanya, itulah sebabnya ada beberapa teman pemula yang mengistilahakan pola instan dengan nama pola malas dan untuk pola jiplak itu dengan pola cepek. hehehehe

Itulah sedikit pemaparan saya mengenai perbedaan pola instan dan pola jiplak buat teman yang sedang mencari informasi mengenai keduanya.

Saran saya adalah buat yang masih baru dan baru pertama kali jahit adalah pergunakan atau pesan saja pola instan sebab lebih praktis penggunaanya.

Namun jika buat teman yang sudah agak mahir dan ingin mencoba beberapa ukuran atau sekedar koleksi size lebih saya sarankan pilih pola jiplak saja supaya lebih hemat.

Semoga informasinya bermanfaat jumpa lagi pada artikel saya selanjutnya, saya Sumanto dari Jamblang Studio... Assalamualaikum.

Comment (0)

Post a Comment