Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Kain Satin dan Penggunaannya

 



- Jenis Kain Satin dan Penggunaannya -


Selain dikenal sebagai salah satu kain yang cukup populer di Indonesia karena sering dijadikan bahan utama pembuatan pakaian wanita, kain satin juga memiliki banyak sekali jenis dan varian yang ada. Dengan ciri khas pada permukaan kain yang tampil mengkilap dan licin, kain satin mampu memberikan kesan elegan ketika dijadikan pakaian atau pun produk lainnya.


Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci mengenai beberapa jenis kain satin dan penggunaannya:


1. Kain satin bridal (duches) - ini adalah jenis kain satin dengan permukaan halus dan berkilau. Kain ini biasanya terbuat dari bahan polyester atau rayon dan sering digunakan untuk membuat gaun pengantin dan pakaian formal lainnya. Kain satin bridal memiliki tekstur lembut dan permukaan halus, sehingga memberikan tampilan mewah dan elegan pada pemakainya.


2. Satin faconne - ini adalah jenis kain satin dengan permukaan berkilau dan bertenunan lebar. Kain ini biasanya terbuat dari bahan polyester atau rayon dan sering digunakan untuk membuat pakaian formal dan aksesori seperti jaket dan syal. Satin faconne memiliki tampilan yang berkilau dan bertenunan, sehingga membuat pemakainya terlihat menarik dan elegan.


3. Satin slipper - ini adalah jenis kain satin yang digunakan sebagai bahan sepatu atau sandal. Kain ini memiliki permukaan halus dan licin, sehingga membuat sepatu atau sandal yang terbuat dari bahan ini nyaman digunakan dan tampak menarik.


4. Satin delustered - ini adalah jenis kain satin dengan permukaan halus dan tidak berkilau. Kain ini biasanya terbuat dari bahan polyester atau rayon dan digunakan untuk membuat pakaian casual dan pakaian dalam. Satin delustered memiliki tekstur yang lembut dan permukaan halus, sehingga memberikan kenyamanan pada pemakainya.


5. Satin damask - ini adalah jenis kain satin dengan motif tertentu yang terpampang pada permukaannya. Kain ini biasanya terbuat dari bahan polyester atau rayon dan digunakan untuk membuat gorden, bantal, dan selimut. Satin damask memiliki tampilan yang elegan dan mewah, sehingga cocok digunakan sebagai aksesori rumah tangga.


6. Satin cloth (satin wol) - ini adalah jenis kain satin yang terbuat dari bahan wol. Kain ini digunakan untuk membuat pakaian musim dingin dan aksesori seperti syal dan jaket. Satin cloth memiliki tekstur yang lembut dan hangat, sehingga sangat cocok digunakan pada musim dingin.


7. Sateen adalah kain satin dengan tekstur halus dan licin. Kain ini sering digunakan untuk membuat pakaian dalam, gorden, dan sprei karena tampilan yang elegan dan mewah.


8. Satin kahantex adalah kain satin dengan tekstur halus dan licin. Kain ini sering digunakan untuk membuat pakaian formal seperti jaket dan syal, karena tampilan yang mewah dan elegan.


9. Satin clarissa (hordeng) adalah kain satin dengan tekstur halus dan licin. Kain ini sering digunakan sebagai bahan hordeng atau gorden karena tampilan yang elegan dan mewah.


10. Satin silk adalah kain satin yang terbuat dari bahan sutra. Kain ini memiliki tampilan halus dan berkilau, sehingga sering digunakan untuk membuat pakaian formal atau pakaian spesial seperti gaun pengantin atau gaun malam.


11. Satin velvet - satin velvet adalah jenis kain satin yang memiliki permukaan yang lembut dan berkilau, seperti velvet. Kain ini digunakan untuk membuat pakaian formal dan aksesori seperti syal dan jaket.


12. Satin roberto cavalli - satin roberto cavalli adalah jenis kain satin yang digunakan untuk membuat pakaian formal. Kain ini memiliki permukaan yang halus dan berkilau, membuat pakaian terlihat mewah dan elegan.


Tetapi, ada beberapa jenis kain satin yang biasa digunakan di Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Kain Satin Bridal (duches)

2. Kain Satin Velvet

3. Kain Satin Silk

4. Kain Satin Roberto Cavalli


Semoga Bermanfaat ya..

Sumanto
Sumanto Seorang penjahit biasa yang ingin bermanfaat untuk sesama. Mudahkanlah jalan orang lain maka Allah akan memudahkan jalanmu.

Posting Komentar untuk "Jenis Kain Satin dan Penggunaannya"