Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Sekoci dan Bobbin Mesin Jahit




 

Sekoci adalah bagian kecil berbentuk cakram yang terletak di bawah jarum jahit. Fungsi dari sekoci adalah menyimpan benang bawah yang akan digunakan dalam menjahit. Saat mesin jahit dioperasikan, jarum akan menurunkan dan menusuk kain yang akan dijahit, kemudian benang atas yang ditarik oleh jarum akan melewati benang bawah yang disimpan di dalam sekoci. Setelah itu, mesin jahit akan menarik benang bawah dari sekoci untuk membentuk jahitan. Penting untuk mengatur ketegangan benang bawah di sekoci agar benang atas dan benang bawah dapat menyatu dengan baik dalam jahitan.


Bobbin, di sisi lain, adalah gulungan kecil benang yang digunakan untuk menyediakan benang bawah untuk jahitan. Bobbin ditempatkan di dalam casing atau holder bobbin yang terletak di bawah atau di samping mesin jahit. Bobbin berfungsi untuk memberikan benang bawah yang akan disatukan dengan benang atas pada saat menjahit. Benang bawah akan melewati tension atau pengatur ketegangan benang pada mesin jahit sebelum akhirnya disatukan dengan benang atas dan membentuk jahitan.


Jadi, perbedaan utama antara sekoci dan bobbin adalah letaknya dan fungsinya. Sekoci terletak di bawah jarum jahit dan berfungsi untuk menyimpan benang bawah, sedangkan bobbin ditempatkan di casing atau holder bobbin dan berfungsi untuk menyediakan benang bawah. Kedua bagian ini bekerja sama untuk menghasilkan jahitan yang baik pada mesin jahit.

Sumanto
Sumanto Seorang penjahit biasa yang ingin bermanfaat untuk sesama. Mudahkanlah jalan orang lain maka Allah akan memudahkan jalanmu.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Sekoci dan Bobbin Mesin Jahit"