Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Crepe

 




- Kelebihan dan Kekurangan Bahan Crepe -


Bahan crepe adalah salah satu jenis kain yang memiliki keunikan tersendiri hingga banyak diminati oleh para kaum hawa. Kenapa kaum hawa? Karena jenis kain yang seperti ini banyak dipakai untuk bahan dalam pembuatan jilbab. Maka dari itu, ada banyak wanita yang merasa tertarik dengan kain berbahan crepe ini.


Secara umum, kain crepe ini mempunyai ciri khas yang agak sedikit unik, tapi menarik. Crepe ini juga mempuyai tekstur kasar hingga permukaan yang tipis. Ciri-ciri dari kain crepe yang paling unik, yaitu bahan crepe mempunyai keriput di permukaan seperti kulit jeruk.


Jadi wajar saja jika banyak yang merasakan kenyamanan pada saat menggunakan busana maupun jilbab yang berbahan dasar crepe. Berbicara soal bahan-bahan crepe, pada pembahasan hari kami akan membagikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangannya.


Kain crepe merupakan sejenis bahan kain yang bersifat lentur dan memiliki tekstur seperti kulit jeruk, sedikit berpasir, kasar atau terlihat berkerut pada bagian permukaan kainnya namun tetap terasa lembut.


🚩 Kelebihan Bahan Crepe


1. Memiliki Sifat Jatuh


Dari tiap jenis-jenisnya yang ada, hampir semua jenis bahan crepe ini mempunyai tekstur yang elastis. Apabila kamu ingin memakai pakaian yang terbuat dari crepe ini, sifat dari pakaian tersebut akan membuat kamu tampil dengan lebih menarik.


Hal tersebut karena kain yang berbahan crepe ini mempunyai sifat jatuh hingga kamu dapat tampil lebih menawan. Yang pastinya pakaian yang berasal dari crepe ini sangat cocok untuk tiap momenmu.


2. Memiliki Tekstur yang Unik


Seperti yang sudah disebut tadi, di mana kain yang terbuat dari crepe ini mempunyai tekstur yang unik seperti kulit jeruk. Tentunya penampilan kamu akan terlihat lebih berbeda dari sebelumnya jika kamu mengenakan pakaian yang terbuat dari kain crepe ini.


Dengan adanya jenis kain yang seperti ini, siapa saja bisa mengubah penampilan dalam sekejap ketika mengenakan pakaian berbahan dasar crepe. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari kain yang berbahan crepe.


3. Sifat Kain Lembut dan Elastis


Seperti yang sudah diketahui bersama kalau kain crepe mempunyai tekstur yang sama dengan jeruk dan memiliki kesan yang agak kasar. Akan tetapi jangan salah sangka dulu. Sebab ketika kamu menyentuh kain yang berbahan crepe ini, kamu akan merasakan sensasi yang lembut dan kesat hingga elastis. Tidak seperti kain lainnya yang bertekstur kasar dan tidak nyaman untuk dipakai.


Maka dari itu, tak heran kalau kemudian ada banyak orang yang menyukai bahan yang seperti ini. Bahkan, pada saat ini kain yang berbahan crepe juga termasuk pada salah satu kain yang terpopuler. Sehingga banyak produk fashion mulai dari atasan hingga hijab yang menggunakan kain ini.


4. Nyaman dan Dingin Saat Dipakai


Kain yang terbuat asli dari kain crepe ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal di daerah yang mempunyai iklim tropis. Karena efek dingin dan nyaman dari kain tersebut. Jadi, meskipun cuaca sedang terik, kamu tidak akan merasakan kepanasan saat menggunakan pakaian dengan bahan ini.


Yang pastinya ini akan memberikan kenyamanan bagi siapapun yang sedang menggunakannya. Oleh sebab itu, kain berbahan crepe ini sangat ideal buat kamu yang gampang gerah.


5. Kain yang Bagus


Bukan hanya nyaman dan dingin saja pada saat dipakai. Salah satu kelebihan dari kain berbahan crepe ini adalah kainnya yang bagus. Kesan yang ditampilkan oleh kain ini adalah elegan dan mewah. Wajar saja jika baju-baju pesta mulai menggunakan crepe.


🚩 Kekurangan Bahan Crepe


1. Bahan Relatif Tipis


Apabila kamu melakukan perbandingan antara bahan-bahan jenis crepe ini dengan yang lainnya, bahan crepe ini lebih tipis jika dibandingkan dengan bahan lain seperti katun. Bahkan, untuk grade tertentu, kain crepe bisa saja tampak menerawang.


Tentu ini merupakan kelemahan yang sangat dipertimbangkan bagi pengguna hijab. Akan tetapi, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan manset atau inner agar tidak menerawang.


Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa crepe ini juga menjadi suatu bahan dalam pembuatan kain yang harus dipertimbangkan bagi kamu yang ingin membelinya. Dengan begitu kamu tidak akan menyesal ketika sudah membelinya.


2. Bahan Transparan


Selain itu, yang menjadi kekurangan dari kain crepe ini juga beberapa jenis bahannya cenderung tipis sehingga dapat membuat kainnya menjadi transparan, seperti penjelasan sebelumnya. Biasanya jenis bahan crepe yang seperti ini ada pada kain yang seperti crezia crepe, bubble crepe dan diamond italiano.


Jadi, jika kamu ingin mengenakan pakaian yang non transparan berbahan crepe, maka kamu harus hindari produk-produk pakaian yang seperti itu. Tapi, jika kamu suka pakaian yang transparan, kain berbahan crepe tidak jadi masalah bagi kamu.


3. Mudah Berkerut Ketika Disetrika


Karena mempunyai jenis yang berbahan tipis, wajar saja apabila terjadi pengerutan dari kain tersebut ketika terkena tekanan suhu tinggi atau pada saat disetrika. Jadi, berhati-hatilah ketika ingin menyetrika pakaian yang berbahan crepe.


Memang pada umumnya tiap jenis kain crepe ini akan selalu terlihat mudah berkerut ketika berada di suhu yang sangat panas. Bahkan, apabila suhu yang sangat panas, kain tersebut bisa mudah terbakar. Tentunya ini adalah salah satu poin yang sangat penting untuk kamu perhatikan agar tidak salah dalam perawatannya.


4. Tidak Bisa Terkena Sinar Matahari


Bagi kamu yang ingin membeli pakaian yang berbahan crepe ini, kamu harus perhatikan kalau pakaian ini tidak dapat bertahan lama dengan paparan sinar matahari yang ada.


Hal tersebut akan membuat serat dari kain bahan crepe menjadi lebih cepat rusak. Terutama untuk bahan-bahannya yang sudah tercampur dengan bahan sutra. Solusinya, jemur di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung.


5. Memiliki Sifat yang Berat


Meskipun kain crepe ini sangat nyaman dan dingin digunakan, tapi produk yang berbahan crepe ini juga memiliki sifat yang berat. Pasalnya, kain yang berbahan crepe ini merupakan salah satu jenis kain wool. Tentunya kain wool juga cukup berat hingga dapat mengganggu jika digunakan tiap saat.

Sumanto
Sumanto Seorang penjahit biasa yang ingin bermanfaat untuk sesama. Mudahkanlah jalan orang lain maka Allah akan memudahkan jalanmu.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Bahan Crepe"