Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Ukuran Jarum Mesin Jahit dan Fungsinya


Di dalam dunia menjahit, mengetahui jenis ukuran jarum mesin jahit dan fungsinya adalah hal yang tak kalah penting untuk diketahui. Jarum jahit yang digunakan pada sebuah mesin jahit selain memiliki beberapa tipe, juga memiliki ukuran yang beragam dan umumnya dinyatakan dengan “kode nomor”. Semakin tinggi tingkat ketebalan kain maka semakin besar pula ukuran jarum jahit yang dibutuhkan.


Ukuran jarum jahit dapat ditemukan dalam berbagai ukuran, dan pemilihan ukuran yang tepat dapat mempengaruhi hasil jahitan. Berikut adalah beberapa informasi lebih detail mengenai ukuran jarum jahit:


1. Nomor 9/65

Jarum dengan nomor 9/65 merupakan jarum mesin jahit yang cocok digunakan untuk tipe kain delicate fabrics atau kain yang sangat tipis atau menerawang, serta mempunyai karakteristik halus dan lembut, contohnya yaitu sifon, lace/tile, organdi.


2. Nomor 10/70 dan 11/75

Jenis jarum jahit ini bisa digunakan untuk menjahit kain jenis light-weight/ very-fine fabrics atau jenis kain tipis tapi tidak begitu menerawang. Contohnya seperti kain taffeta, kain sutra, kain velvet/beludru.


3. Nomor 13/85 dan 14/90

Nomor jarum jahit 13/85 dan 14/90 bisa digunakan untuk jenis kain medium weight fabrics atau kain yang mempunyai ketebalan sedang. Umumnya dipakai pada jenis kain seperti katun, linen, flanel, dan kain strech.


4. Nomor 16/100

Jarum jahit nomor 16/100 dapat digunakan pada jenis kain dengan tipe medium-heavy fabrics atau jenis kain yang agak tebal. Biasa dipakai untuk menjahit jenis kain wool, bahan jas, atau soft-denim.


5. Nomor 18/110 ke atas

Jenis jarum jahit dengan nomor 18/110 ke atas, sangat cocok jika digunakan untuk menjahit dengan jenis kain heavy fabrics atau kain yang sangat tebal. Contoh kain yang sering menggunakan jarum jenis ini adalah jeans/denim, kanvas, bahan korden, atau pun kulit.


Itu lah beberapa jenis ukuran jarum mesin jahit dan fungsinya. Jadi, semakin tebal kain yang akan dijahit maka nomor jarum yang diperlukan semakin tinggi. Untuk memilih merk bisa dipilih sesuai keinginan misalnya, merk Singer, Scmetz, Janome, Butterfly.

 

Sumanto
Sumanto Seorang penjahit biasa yang ingin bermanfaat untuk sesama. Mudahkanlah jalan orang lain maka Allah akan memudahkan jalanmu.

Posting Komentar untuk "Jenis Ukuran Jarum Mesin Jahit dan Fungsinya"