Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Kain Drill dan Karakteristiknya

 



Kain drill itu seperti apa?

Kain drill memiliki permukaan yang khas berbentuk garis-garis miring atau diagonal. Komposisi material penyusunnya yaitu berupa campuran antara katun dan polyester. Secara garis besar kain drill memiliki tekstur yang lembut, kuat, tahan kusut dan warnanya juga tidak mudah pudar.

Biasanya kain drill digunakan untuk membuat seragam kerja seperti PDH/PDL, kemeja, jas almamater, pakaian seragam TNI dan Polri, dll.

*Ciri Ciri dan Karakteristik Kain Drill

Untuk bisa mengenali seperti apa itu kain drill, maka kamu harus mengetahui ciri cirinya terlebih dahulu. Berikut adalah ciri dan karaktersitik dari bahan kain drill:

~ Memiliki tekstur pintalan benang yang jukia dilihat berupa garis-garis miring atau diagonal.

~ Permukaan kain terasa lembut

~ Kain tidak mudah kusut.

~ Kain drill memiliki jalinan atau tenunan cukup kuat.

~ Bagian depan dan belakang permukaan kain berbeda

~ Mudah menyerap keringat

~ Sejuk jika digunakan

Bahan kain jenis drill umumnya tidak gerah atau panas ketika dikenakan sebagai pakaian meskipun bahannya cukup tebal, bahkan terasa nyaman dan adem digunakan. Namun kualitas bahan kain drill dari merek atau produsen yang berbeda-beda, tentu juga menentukan hal ini.

*Jenis Jenis Kain Drill

Jika melihat dari ukuran serat pintalan kain drill, jenis kain drill terbagi menjadi tiga macam, yaitu:

1. Kain Twill Drill, adalah kain drill dengan serat pintalan / gramasi paling kecil

2. American Drill,  kain drill dengan ukuran serat pintalan sedang/menengah

3. Japan Drill, adalah bahan drill dengan serat paling tebal dibanding jenis kain drill yang lain

Berikut penjelasannya :

1. Twist / Twill Drill

Bahan Twill atau orang sering menyebutnya dengan Twist Drill adalah bahan kain yang memiliki serat paling kecil diantara jenis kain drill yang lain. Hal ini membuat kain twill mempunyai sifat bahan yang lembut namun juga sulit ditembus oleh air.

Oleh karena itu, banyak dari pabrik konveksi menggunakan kain twist atau twill drill dalam pembuatan pakaian luar ruangan (outdoor) ataupun bahan drill untuk jas seperti jas almamater dan jas komunitas.

2. American Drill

Kain American Drill mempunyai ukuran serat pintalan yang lebih besar (menengah) jika dibandingkan dengan ukuran serat kain twill drill. Bahan American Drill memiliki material yang tersusun dari campuran katun dan polyester, sehingga membuat bahan American Drill ini kuat sekaligus sejuk ketika menggunakannya.

American Drill biasanya dipakai untuk membuat berbagai macam pakaian seperti kemeja lapangan (PDL), kemeja kantor (PDH), jas almamater, coverall, wearpack, seragam karyawan pabrik, seragam pertambangan, serta seragam pekerja konstruksi dan perkebunan.

3. Japan Drill

Bahan Japan Drill mempunyai ukuran serat pintalan benang yang lebih besar ketimbang American Drill dan Twill Drill, sehingga kainnya lebih kuat dan tebal. Kain Japan Drill memiliki komposisi katun yang lebih tinggi, hal inilha yang menyebabkan harganya menjadi cukup mahal.

Walaupun tebal, kain jenis Japan Drill tetap terasa dingin dan nyaman digunakan. Selain itu, daya serap keringat pada bahan ini lebih baik karena komposisi katun yang tinggi, sehingga direkomendasikan untuk dijadikan bahan seragam lapangan.

Namun begitu, bahan tekstil dengan kandungan katun yang tinggi tidak direkomendasikan untuk digunakan pada tempat kerja yang rawan api karena bahan ini lebih mudah terbakar.

Sumanto
Sumanto Seorang penjahit biasa yang ingin bermanfaat untuk sesama. Mudahkanlah jalan orang lain maka Allah akan memudahkan jalanmu.

Posting Komentar untuk "Apa itu Kain Drill dan Karakteristiknya"