Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Kain Denim

 



Apa itu Kain Denim?


Denim merupakan salah satu jenis kain yang proses pembuatannya ditenun dengan serat katun berwarna biru atau benang indigo dan benang putih. Benang biru digunakan untuk jenis pakan sedangkan benang putih untuk jenis lungsi. Kain denim dibuat dengan bahan Twill Weave untuk menghasilkan garis diagonal. Sebelumnya denim ditenun menggunakan benang katun 100%, namun sekarang dicampur menggunakan polyester dan lycra. Penggunaan polyester ditujukan untuk mengontrol kerutan dan susut, sedangkan lycra untuk menambahkan peregangan. Kain denim merupakan jenis kain yang tenunannya tahan lama dan kuat.


*Karakteristik Kain Denim


Karakteristik yang dimiliki kain denim antara lain sebagai berikut:


-Benang Katun dan Tenun Twill

Kain dibuat menggunakan tenunan yang disebut kepar, di mana benang dipintal bersama dalam pola tertentu yang menciptakan efek diagonal pada permukaannya. Tenunan kepar membuat denim memiliki kekuatan yang luar biasa. Denim agak tebal, mirip karpet namun lebih tipis dan juga lebih halus.


-Warna Biru

Ciri Khas dari denim adalah warnanya biru. Namun seiring perkembangan zaman sekarang denim sudah memiliki banyak variasi warna.


-Daya tahan

Daya tahan denim sangat kuat dan tidak mudah robek. Selain itu kain denim juga merupakan kain yang bernapas, bisa disetrika pada suhu tinggi dan mudah kusut. Kain ini cocok untuk dipakai dalam waktu lama.


*Penggunaan Kain Denim


Kain Denim biasa digunakan untuk berbagai jenis busana dan aksesoris yang lainnya. Karena kualitas kainnya yang terjamin menjadikan banyak orang yang menyukai jenis kain ini. Kain denim biasa digunakan untuk membuat berbagai macam busana seperti celana jeans, rompi, jas, jaket, rok, dan dress. Selain itu kain denim juga biasa digunakan untuk membuat topi, sepatu, tas, dan karpet.


*Kelebihan dan Kekurangan Kain Denim


Kain denim memiliki beberapa kelebihan disbanding kain lainnya. Kelebihan tersebut antara lain adalah bahannya yang kuat dan tahan lama, nyaman saat digunakan, tampak elegan saat dipakai, dan tidak mudah sobek. Sedangkan kekurangan kain denim dibanding kain lainnya adalah modelnya yang cenderung monoton atau itu-itu saja.

Sumanto
Sumanto Seorang penjahit biasa yang ingin bermanfaat untuk sesama. Mudahkanlah jalan orang lain maka Allah akan memudahkan jalanmu.

Posting Komentar untuk "Karakteristik Kain Denim"